Kamis, 03 Maret 2016

Kode Driver Bus




Saya rasa hampir semua dari kita pernah naik bus, dan tidak sedikit dari kita pasti memperhatikan gerakan tangan dan ucapan apa saja yang dikerjakan pak pengemudi/sopir saat kita menaiki bus yang dia kemudikan. Tapi tahukah sahabat ? bahwa setiap pengemudi/sopir bus memiliki kode - kode untuk ber "komunikasi cepat" saat berpapasan dengan bus-bus lainnya ? berikut kode - kode pengemudi/sopir bus yang saya rangkum dari berbagai sumber, thanks berat to www.bismania.com, saya termasuk pengamat isinya yang banyak terbantu disini,  mohon jika ada yang bisa melengkapi silahkan di tulis di kotak komentar ya...

Satu Arah :
Memberi lampu dim = isyarat kepada kendaraan di depannya kalo sang sopir ingin mendahului (biasanya malam hari)  

Berlawanan Arah :
 Memberi lampu dim = isyarat kepada sang pengemudi/sopir kendaraan di depannya kalo kendaraannya berhadap-hadapan dengan kendaraan sang pengemudi/sopir tersebut.


Berlawanan Arah :
Kalo berpapasan dengan rekan sesama PO, biasanya komunikasi kode lewat tangan ...
1. Jari telunjuk di arahkan ke atas sambil di acung acungkan...artinya jarak sesama bis satu rute yg di depan rekannya itu jauh..jadi si rekan ini di harapkan santai saja sambil menambah penumpang.
2. Jari telunjuk di acungkan ke bawah, berarti kebalikan dari point pertama.
3.Ada lagi jari telunjuk d acungkan ke bawah dan d gerakan kesamping bolak balik, itu tandanya di depan bis rekannya tersebut ada bis PO sesama rute yang saling kejar kejaran...jd gambarannya pengemudi/sopir yg memberi kode ini sdh bsimpangan dgn 2 bis yg berdekatan sebelum ketemu rekan ini

Searah :
Lampu Hazard menyala dua-duanya = Ingin segera mendahului, ada kepentingan mendesak, atau merasa (jadi) pejabat :)

Berlawanan Arah :
Lampu Hazard menyala dua-duanya =  memberitahukan bahwa didepan ada jalan rusak / lobang besar.... 

Di sekitar ngawi-nganjuk-caruban-mojokerto , dll (mohon sharing kalo ada yang tahu lokasi lainnya...)
Berlawanan Arah :
Kalo kasih tanda jempol kebawah (thumb up) Tandanya gak ada aparat yang lagi jagain jalan, so bisa 'take over' sepuasnya mau dari kiri ato kanan.
Kalo kasih tanda jempol kebawah (thumb down) berarti ada bapak aparat yang menjaga lalulintas, kalo sampe nyalip di tempat yg gak tepat so denda ratusan ribu bakal melayang...


Bis mau ngoper penumpang
Sejajar :
Kodenya klakson berulang-ulang minta bus depannya berhenti, kadang memakai lambaian tangan memanggil supaya bus depannya berhenti. Biasanya kejadiannya sebagai berikut : pertama-tama bis dari belakang terlihat ngebet pingin nyusul/ngebalap bus didepannya, setelah tepat dibelakang bus depannya, ngasih klakson berulang2 (sering ditambah lambaian tangan memanggil) sampai sejajar sambil sein kiri, setelah melewati bis didepannya, langsung potong jalur ambil kiri, kedua bis berhenti dan terlihat kenek dari masing-masing bus saling menghampiri, dan transaksi oper mengoper penumpang  pun dimulai....

Mematikan Lampu Depan
Berlawanan Arah :
Jika posisi kita sedang berlawanan arah dengan bis atau kendaraan lain apapun yang berusaha nyalip (mengambil badan jalan kita ) meskipun jarak sudah tidak memungkinkan, maka seringkali bis kita   tuh langsung matiin lampu...otomatis bis depan kelabakan karena mereka gak  bisa melihat bis kita. Ini semacam kode defensive / bertahan dari bis yang kita tumpangi sehingga bis penyalip yang berlawanan arah tadi segera mengurungkan niatnya mengambil badan jalan kita.

Sumber : http://www.moneygolddiamond.com
Sekian Informasi Yang Dapat Saya Sampaikan,, Kurang Lebihnya Mohon Maaf .. Wassalamualaikum wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar